MATERI 10 : APLIKASI IOT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Internet of Things atau IoT adalah sebuah konsep besar saat ini yang dinilai mampu merevolusi semua industri dan juga masyarakat. Bahkan dalam pendidikan pun Internet of Things ini menjadi salah satu teknologi yang saat ini dipertimbangkan oleh para pengajar maupun anggota pemerintah yang terkait dengan pendidikan untuk menggunakannya guna berinovasi dan meningkatkan pembelajaran.
                Dengan Internet ini, belajar menjadi lebih dinamis dengan cara mengintegrasikan metode tradisional dengan metode baru (IoT). Selain itu, dampak pembelajaran dengan IoT ini juga dinilai mampu menjadikan pelajaran di kelas serta diskusi antar siswa lebih hidup. Bahkan dengan IoT siswa juga akan mampu mengeksplorasi metode-metode belajar lainnya. Sebagai contoh, siswa dapat belajar dirumah dengan melihat video, terlibat dalam proyek kemudian mendiskusikan hasil belajar di luar kelas tersebut saat kembali ke sekolah. Selain itu, teknologi modern dan IoT tidak terbatas hanya pada bagaimana siswa belajar tapi juga dapat meningkatkan keamanan IoT sendiri serta akses  yang lebih luas untuk mendapatkan informasi. Selain itu juga dapat melacak sumber daya utama.
                Pengaruh IoT ini juga memiliki efek lebih jauh lagi bagi para pelajar. Dalam pendidikan tinggi misalnya universitas, sebagai mahasiswa mungkin saat ini telah bosan dengan menggunakan buku, kebanyakan dari mereka lebih suka dengan teknologi seperti smartphone, tablet, laptop dan gadget lainnya. Dengan IoT ini akses informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar untuk mempelajari lebih lanjut lagi.
                Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, para pengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar. 
    
 Berikut merupakan inovasi yang saya coba buat dalam aplikasi trend IOT dalam pembelajaran kimia pada materi faktor yang mempengaruhi laju reaksi.



link: 
https://www.youtube.com/watch?v=ptvYAwqvCog&feature=youtu.be


Pertanyaan diskusi :
1. Bagaimana Pendapat anda mengenai Video Pembelajaran yang telah saya buat? cukup layak kah bila disebut dengan salah  satu contoh aplikasi IOT dalam pembelajaran?
2. Menurut anda, apa yang perlu saya tambahkan maupun saya kurangi pada video pembelajaran yang telah saya buat? berikan alasan

Comments

  1. menurut saya video tersebut sudah merupakan contoh penerapan IoT dalam pembelajaran dimana conten dari video tersebut berisi suatu materi pembelajaran yaitu faktor-faktor laju reaksi yang dapat dipelajari penonton khususnya peserta didik dimanapun dia berada karena telah di upload di media sosial yang dapat diakses kapan saja jika terkoneksi dengan internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dengan pendapat fira, bahwa media pembelajaran yang dibuat oleh kk rini merupakan contoh penerapan IoT dan cukup menarik untuk diterapkan pada materi faktor-faktor laju reaksi karena adanya video animasi yang membuat menarik sehingga tidak bosan namun saran saya video animasinya lebih baik diterjemahkan untuk lebih mudah dipahami.

      Delete
    2. terimakasih atas pendapat fira dan fero saya mengapresiasi pendapat kalian.
      menindaklanjuti saran dari fro, saya akan sedikit menambahkan bahwa mengingat tuntutan pada saat ini dan trend revolusi industri 4.0 siswa diharapkan mampu memahami materi dalam bilingual (inggris-indonesia) maka dari itu video pembelajaran yang saya tambahkan dalam video saya menggunakan bahasa inggris, selain bisa menambah vocab siswa juga bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa yang dituntutkan dalam era AI saat ini

      Delete
  2. Menurut saya sudah termasuk penerapan IoT dalam pembelajaran mengenai video yg telah kakak buat karna telah terhubung kemedia sosial yg bersifat publik sehingga setiap orang bisa mengakses nya dimana pun kapan pun dan bagaimana pun.

    Mengenai video yang telah dibuat kak rini saya memberikan saran sedikit pada slide yang berbahasa inggris menurut saya boleh saja menggunakan bahasa inggris namun lebih baiknya ada subtitle nya dibagian bawah karna ini kan diupload kemedia sosial yang semua kalangan bisa mengakses ataupun melihat nya dan tidak semua orang paham ataupun mengerti dengan bahasa inggris jadi alangkah lebih baiknya ada terjemahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari rini dan juga syafira.
      sudah termasuk penerapan IoT dalam pembelajaran mengenai video yg telah rini buat telah terhubung ke media sosial yg bersifat publik sehingga setiap orang bisa mengakses nya dimana pun dan kapan pun.

      Sebaiknya untuk video yang menggunakan bahasa inggris bisa menggunakan subtitle agar peserta didik yg belum fasih berbahasa inggris bisa mengerti. Atau bisa menggunakan suara saudari rini sendiri.

      Delete
  3. menurut saya videonya sudah sangat menarik cuma disini saat memunculkan kalimat penjelasan alangkah lebih baik jika didampingi dengan suara penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah, terimakasih saran dari tri, ke depannya saya akan lebih memperhatikan kalimat penjelasan dilengkapi audio penjelasan

      Delete
  4. saya sependapat dengan saudari Tri, yang mengatakan bahwa "videonya sudah sangat menarik cuma disini saat memunculkan kalimat penjelasan alangkah lebih baik jika didampingi dengan suara penjelasannya" dengan demikian siswa ataupun orang yng melihat tidak hanya membaca teteapi jga mendengarkan sehingga ia lebih paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. video pembelajaran rini sudah bagus dan cukup menarik, penempatan animasi dan picture pendukung juga sudah tepat dan variatif. namun benar yang dikatakan oleh sugeng bahwa saat memunculkan kalimat penjelas alangkah lebih baik jika didampingi dengan suara penjelasannya, dengan demikian orang yng melihat tidak hanya membaca teteapi juga dapat mendengarkan sehingga ia menjadi lebih paham

      Delete
  5. menurut saya video yg Anda buat telah bagus. namun saran saya, ketika Anda menjelaskan lebih luwes dan lebih rileks. supaya video yang Anda tayangkan lebih menarik perhatian siswa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat dengan kk rina. Bahwa akan lebih baik jika kk rini lebih jelas lagi dalam menjelaskan materi. Dan lebih baik lagi jika di beri contoh konkrit dan latihan soal

      Delete
  6. menurut saya video pembelajaran yang saudari buat sudah menarik, adanya penjelasan, dan video animasi, namun saya setuju dengan pendapat tri bahwa ada baiknya tetap diiringi dengan penjelasan yang sesuai dengan gambar atau kalimat yang anda tampilkan, kemudian video animasi dengan bahasa inggris juga baiknya diiringi translete ke bahasa indonesia.

    ReplyDelete
  7. Video yang sudah kak rini buat sudah baik, namun dalam menyajikan faktor-faktor laju reaksi sebaiknya disajikan praktikum dan lebih baik lagi dikaitkan dengan animasi tumbukkan dan alasan mengapa reaksi tersebut berlangsung cepat dan lambat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sependapat dengan rifany, bagusnya juga dilengkapi dengan pratikum, dan juga dengan animasi tumbukkan untuk mempermudah memahami materi

      Delete
  8. sependapat dengan teman-temn diatas. bahwasanya video pembelajaran yang dibuat sudah bisa dikatan sebagai aplikasi dari IoT. sudh terintegrasi dengan teknologi. namun sebagai pembuat media atau perancang pemula, masih banyak kekurangan diberbagai sisi. untuk kedepanya lebih ditingkatkan lagi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts